Rabu, 01 Juli 2015

MANFAAT PENGGUNAAN SABUK KESELAMATAN

Sabuk Keselamatan merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk menjamin keselamatan penggendara pada saat terjadi kecelakaan. Di Indonesia berkendara dengan menggunakan sabuk keselamatan masih belum menjadi kebiasaan, dan bukan merupakan kesadaran akan pentingnya menggunakan sabuk keselamatan. Rata-rata, mereka masih menganggap penggunaan sabuk keselamatan hanyalah agar tidak ditilang polisi. Apalagi pemakaian sabuk keselamatan adalah suatu kewajiban bagi pengemudi dan penumpang sebelum kendaraan bergerak, sebagaimana diatur dalam UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan pasal 106 ayat (6), yang mewajibkan bagi setiap orang yang menggemudikan roda empat atau lebih dan penumpang yang duduk di sebelahnya wajib menggunakan sabuk pengaman, dan bagi pelanggarnya akan dikenakan sanksi denda paling banyak Rp 250.000 dan atau kurungan penjara paling lama satu bulan.

Selain itu sabuk keselamatan tidak memiliki fungsi yang sama seperti sensor rem dan airbag yang dapat bekerja dan bereaksi otomatis ketika terjadi kecelakaan sehingga sabuk keselamatan harus digunakan secara manual oleh penggendara dan penumpang sebelum kendaraan berjalan. Walaupun seperti itu anda jangan pernah meremehkan fungsi dari sabuk keselamatan ini, jika terjadi kecelakaan sabuk keselamatan inilah yang akan menahan tubuh kita sehingga tidak berbenturan dengan benda keras dan akan menahan tubuh kita agar tidak terpental keluar dari mobil.

Adapun fungsi lain dari sabuk keselamatan yaitu seperti :
·      Sabuk keselamatan dapat melindungi penggendara dari cedera yang lebih parah dalam suatu kecelakaan.
·      Sabuk keselamatan berfungsi menahan tubuh sehingga tidak berbenturan dengan setir dan dashboard.
·      Menjaga posisi mengemudi yang benar saat menghindar/berhenti mendadak bahkan ditabrak oleh kendaraan lain.

 Nah sangat berguna dan bermanfaat nya kita mengunakan sabuk keselamatan, jadi sabuk keselamatan itu kita gunakan bukan pada hanya pada saat melihat Polisi, akan tetapi digunakan pada saat anda akan mengendarai kendaraan.


0 komentar:

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget