Rabu, 01 Juli 2015

PENGGUNAAN AIRBAG UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN BERKENDARA

Airbag adalah fitur keamanan yang bisa dipasang di mobil, yang berfungsi untuk melindungi kita jika terjadi kecelakaan. Penggunaan airbag dapat membantu melindungi daerah kepala, leher, dan dada sehingga tidak berbenturan dengan setir dan dashboard. Airbag biasa dipasang oleh pembuat kendaraan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. Biasanya airbag keluar dari setir/kemudi dan dashboard mobil beberapa milidetik setelah terjadi kecelakaan. Ketika kepala anda mengenai airbag, airbag tersebut secara otomatis akan mulai mengempis secara perlahan, sehingga memungkinkan anda untuk keluar dari mobil tersebut.
Seringkali airbag kurang memadai jika anda tidak menggunakan sabuk pengaman, hal ini karena airbag hanya berfungsi untuk menahan dan mencegah daerah kepala, leher dan dada untuk berbenturan dengan setir dan dashboard, sehingga pada saat terjadi kecelakaan dan kita tidak memakai sabuk pengaman maka kemungkinan tubuh kita bisa terpental keluar kendaraan, maka dari itu airbag dan sabuk pengaman harus digunakan bersamaan untuk memaksimalkan fungsi dari kedua komponen tersebut.
Namun, dengan semakin meningkatnya jumlah kecelakaan maka pada saat ini telah banyak dibuat airbag yang bukan hanya berada di setir dan dashboard, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat keparahan pada saat terjadi kecelakaan. Berikut Saya merangkum dari situs Wikipedia.com letak airbag selain pada bagian stir dan dashboard beserta fungsinya :
1.      Side Airbag
Airbag ini akan keluar dari bagian sisi samping tubuh pengemudi ataupun penumpang (dekat pintu).
2.      Side Torso Airbag
Hampir sama dengan side airbag, namun kantung udara jenis ini lebih dikhususkan untuk melindungi bagian pinggang.
3.      Side Tubular Airbag
Kantung udara juga akan keluar dari bagian samping namun kantung udara ini lebih berfungsi untuk melindungi diri dari pecahan kaca kendaraan karena bentuknya yang seperti tirai.
4.      Knee Airbag
Airbag ini berfungsi untuk melindungi bagian lutut pada saat terjadi benturan. Airbag ini terletak pada bagian bawah dek, selain itu airbag ini juga tidak hanya untuk pengemudi dan penumpang depan, namun juga berguna untuk melindungi penumpang belakang.
5.      Rear Curtain Airbag
Kantung udara ini memang dikhususkan untuk penumpang pada bagian belakang. Saat terjadi benturan dari belakang, kantung udara yang berbentuk menyerupai tirai akan turun guna melindungi bagian kepala penumpang belakang.
6.      Seat Cushion Airbag
Jika pada umumnya hanya dashboard yang memiliki airbag, pada tahun 2008 Toyota mengembangkan kursi yang juga dilengkapi airbag. Ini berfungsi sebagai pelindung panggul pengemudi saat terjadi benturan.
7.      Seatbelt Airbag
Seatbelt yang dapat mengelurkan kantung udara ini pernah diciptakan oleh beberapa produsen mobil, antara lain Mercedes-benz, Lexus serta Ford.
8.      Pedestrian Airbag
Selain untuk pengemudi dan penumpang, kantung udara juga diciptakan untuk para pejalan kaki. Seperti yang diciptkan Volvo pada tahun 2012 pada produk V40. Kantung udara ini berfungsi saat seorang pejalan kaki tertabrak oleh mobil, maka airbag ini akan melindungi pejalan kaki agar tidak membentur badan mobil. Pada dasarnya airbag hanya berfungsi untuk mengurangi resiko akibat kecelakaan, faktor keselamatan bergantung dari bagaimana cara anda mengemudi.



0 komentar:

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget